Sabtu, 11 Agustus 2018

PUPUK ORGANIK UNTUK KESUBURAN TANAH

Desa Paeng Kecamatan Modung merupakan desa yang memiliki jenis tanah tandus dan termasuk pada lahan kering. Lahan yang digunakan untuk bercocok tanam di desa Paeng menggunakan sistem irigasi tadah hujan. Kebiasaan yang sering dilakukan oleh petani desa Paeng adalah membakar lahan sisa-sisa hasil panen dan menggunakan pupuk kimia secara berlebihan. Kebiasaan tersebut memiliki dampak negatif yaitu dapat merusak kondisi biologi dan kimia tanah. Oleh karena itu KKN Tematik Universitas Trunojoyo Madura Kelompok 32 melakukan program kerja Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik yang diisi oleh Ayu Novitasari dari program studi Agribisnis Fakultas Pertanian. Program Kerja dilakukan pada hari Kamis, 2 Agustus 2018 di depan Posko KKN Kelompok 32 dengan dihadiri 29 penduduk desa Paeng.
Pelatihan pupuk organik terbuat dari kotoran ternak yaitu sapi, jerami, sekam, daun-daunan kering, EMT4, gula dan air. Bahan-bahan tersebut mengandung unsur hara makro (seperti Fosfor, Kalium, Nitrogen) dan mikro (Magnesium dan Besi) yang dibutuhkan tanaman. Fungsi pupuk organik ini adalah untuk menjaga kesuburun tanah, memperbaiki sifat biologi dan kimia tanah, meningkatkan produktivitas tanaman dan menekan biaya yang harus dikeluarkan oleh petani.
Program kerja ini dibuka dengan penjelasan mengenai jenis pupuk, manfaat pupuk organik, kebiasaan petani yang kurang tepat dan tips-tips untuk menjaga kondisi tanah dan membudidayakan tanaman. setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar petani dan pemateri. Para petani yang datang sangat antusias dengan adanya program kerja ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan dan inisiatif para petani untuk ikut mempraktikkan langsung bagaimana proses pembuatan pupuk organik. Seperti “berapa lama proses pembuatan pupuk organik ini bisa dikatakan berhasil” tutur Pak Ahmad. Para petani Desa Paeng menerima secara terbuka dan mengapresiasikan kegiatan sosialisasi pembuatan pupuk organik ini dengan antusias. 

Pak Mujib selaku Ketua Gabungan Kelompok Tani Jaya Makmur mengungkapkan banyak rasa terima kasihnya terhadap adanya Pelatihan Pembatan Pupuk Organik karena bisa mendapatkan ilmu mengenai pupuk organik . Dan ia mengatakan akan mempraktikkan hasil pengetahuannya tersebut dirumahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

PAENG, MODUNG, BANGKALAN KKN UTM 32 © 2008. Template By: SkinCorner