Sabtu, 11 Agustus 2018

Bantu Kelompok Petani Lebih Produktif, KKN 32 Adakan Sosialisasi KUD Berbasis Syariah



Sosialisasi KUD berbasis syariah dilakukan pada Senin, 30 Juli 2018. Kegiatan ini bertempat di posko KKN 32 UTM yang dihadiri kurang lebih 30 warga. Mereka terdiri dari kelompok tani di Desa Paeng Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Bapak Kades desa Modung yaitu Bapak Matniri. Selanjutnya pemaparan tentang KUD berbasis syariah yang berisi pengertian tentang KUD berbasis syariah, bagaimana konsep dan pembentukan serta kendala dan solusi tentang KUD berbasis syariah. Sosialisasi ini di isi oleh mahasiswa dari kelompok KKN 32 sendiri dari jurusan Ekonomi Syariah yaitu Alfu Hikmah.
Sebelum sosialisasi ini dilaksanakan, kami mencoba berbincang-bincang dengan ketua kelompok tani Desa Paeng yaitu Bapak Mujib tentang keberadaan KUD di desa ini, beliau mengatakan “tidak ada KUD disini, adanya cuma kelompok tani yang apa-apa kita sendiri yang urus”. Dengan adanya jawaban tersebut maka kita mengetahui keadaan KUD di Desa Paeng ini. Maka dari itu kita selenggarakan sosialisasi ini yang memiliki tujuan untuk memberi pengetahuan tentang KUD secara menyeluruh. Selain itu banyak manfaatnya yang lain diantaranya:Agar hasil tani dan usaha masyarakat lebih produktif, Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota KUD dan Meningkatkan rasa kekeluargaan antar anggota KUD.
Hasil dan dampak yang ditimbulkan dengan adanya sosialisasi ini adalah Menumbuhkan kesadaran diri kepada kelompok tani Desa Paeng tentang pentingnya keberadaan KUD berbasis Syariah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Paeng yang sebagian besar merupakan petani.
Dalam melaksanakan sebuah acara, pasti ada kendala yang membutuhkan penyelesaian atas kendala tersebut. Kendala yang dihadapi dalam sosialisasi ini Kurangnya antusiasme warga Desa Paeng dalam mengikuti kegiatan sosialisasi KUD berbasis Syariah. Penyelesaian atas kendala yang dihadapi pendekatan secara internal dengan masing-masing warga Desa Paeng sehingga warga desa Paeng dapat berantusias dengan adanya sosialisasi KUD berbasis syariah ini.#AH

0 komentar:

Posting Komentar

 

PAENG, MODUNG, BANGKALAN KKN UTM 32 © 2008. Template By: SkinCorner