Senin, 13 Agustus 2018

Bagaimana Kondisi Pendidikan di Desa Paeng?

Kualitas suatu masyarakat tentunya berkorelasi dengan kualitas pendidikan yang dimiliki. Sumber daya manusia akan semakin berkualitas dengan penyelenggaraan pendidikan yang baik. Dengan tujuan utama pendidikan adalah untuk memanusiakan manusia sejatinya aktivitas tidak boleh melunturkan tujuan utama tersebut. Didesa paeng, terdapat banyak instansi pendidikan, mulai dari jenjang dasar, menengah, hingga atas tersedia dengan begitu baiknya.
Sekolah dasar negeri (SDN) paeng menjadi satu-satunya sekolah dasar (SD) yang terdapat didesa ini. Selebihnya jenjang sekolah dasar berbasis Madrasah Ibtidaiyah (MI) banyak terdapat di desa paeng. Untuk ranah sekolah menengah dan atas, badan swasta berbentuk yayasan menjadi penyelenggara jenjang pendidikan di desa paeng. Dalam melaksanakan pengabdian kami, kami juga mencoba mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam bangku perkuliahan di salah satu yayasan penyelenggara pendidikan didesa paeng. Yayasan tersebut memiliki sekolah menengah san atas yang dinamai dengan MTS dan MA Al-Amin Fauzi.
Pendidikan yang diselenggarakan juga tidak hanya pendidikan formal seperti sekolah, tetapi banyak juga pondok pesantren sebagai basis pendidikan agama di desa ini. Pesantren mambaul ulum menjadi pesantren yang terletak disebelah perbatasan dengan salah satu desa dikecamatan Blega. Aktivitas pemuda dan pemudi dalam keseharian pendidikan biasanya dijalani dengan aktivitas pagi bersekolah formal (SD, MI, MTS, MA dll) yang kemudian dilanjutkan dengan sekolah sore (agama) dan mengaji di malam hari.


0 komentar:

Posting Komentar

 

PAENG, MODUNG, BANGKALAN KKN UTM 32 © 2008. Template By: SkinCorner