Senin, 30 Januari 2017

POTENSI DESA PAENG

                                       POTENSI DESA PAENG

         Membahas potensi desa Paeng ini, sangat banyak potensi di desa Paeng. Karena letak desanya yang strategis yaitu dilalui jalan utama (jln. Blega - Modung), jalan satu-satunya penghubung kecamatan Blega dengan kecamatan Modung. Dengan luas desa Paeng yang masih asri dan banyak lahan untuk pertanian yaitu sawah yang luas, lahan perkebunan yaitu pekarangan sekitar rumah, dan lahan peternakan di sekitar rumah, serta berdagang kecil-kecilan di pinggir jalan seperti bakso, mie ayam, soto, nasi pecel, rames dll.

1. Pertanian
         Dapat dilihat dari lahan pertaniannya yang sangat luas, desa Paeng sangat berpotensi dalam hal pertaniannya atau bercocok tanam. Karena lahannya yang luas(untuk sawah). Tanahnya yang perlahan mulai cocok untuk bertanam.



2. Perkebunan
           Sejak kami (kelompok KKN 19) datang ke desa Paeng ini, terlihat jelas bahwa lahan di sekitar rumah mayoritas sangat luas. Hal tersebut dapat berpotensi untuk warga berkebun di rumah sendiri. dengan bermodalkan tenaga dan membeli bibit atau benih tanaman toga seperti cabe, mentimun, bligo, waluh, kunyit, kunir, lengkuas, kencur dll. atau sayuran seperti kangkung, sawi, bayam, ketela pohon, ketela tanam, kacang tanah, kacang panjang dll. atau pohon seperti pisang, mangga, jambu dll.




3. Peternakan
           Tempat tinggal warga rata-rata mempunyai lahan yang lebih untuk bisa berproduksi hal yang positif. misalnya pekarangan samping rumah, depan rumah maupun belakang rumah. Untuk itu dapat dimanfaatkan untuk peternakan seperti ternak bebek, ternak sapi, ternak kambing, ternak ayam, ternak burung, ternak unta dll.




4. Berdagang di pinggir jalan utama
           Desa Paeng ini dilalui jalan utama penghubung kecamatan Blega dengan Modung dan sampai kecamatan Kwanyar. Dan melihat kondisi jalan nya, desa Paeng termasuk desa dengan jalan yang lumayan layak pakai. dari paparan kondisi diatas, dapat dijadikan potensi berdagang di pinggir jalan sperti berjualan bakso, mie ayam, soto, dan lain-lain.





Load disqus comments

0 komentar